Minggu, 10 Oktober 2010

STUDY KASUS KEWIRAUSAHAAN

Dermawan adalah seorang mahasiswa disebuah universitas yang ada dibandung. Ia kos di dareah yang dekat dengan kampus. Derma Sering sekali mengalami kesulitan biaya perkuliahan, Hal itu membuatnya sering putar otak tujuh keliling untuk memnuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan perkulihannya. Berangkat dari semangat dan sikap tak kenal lelah serta putus asa, Menjadikan Ia seorang wirausahawan yg cukup sukses. Apapun dikerjakannya yang penting halal dan mampu menghasilkan uang. Bermula dari jual keu dikampus sampai nyuciin baju temen-temannya ia kerjakan tanpa mengeluh. Dikalangan teman-temannya, Ia dikenal sebagai sosok pekerja keras, dan supel dalam bergaul. Ia mempunyai seorang teman yang selalu mensuport Derma setiap mengalami kesulitan. Mereka adalah teman baik sebut saja namanya Dani. Melihat Derma adalah seorang pekerja keras, Dani menyarankan kpd Derma untuk membuat usaha. Dani cukup paham dengan keterbatasan modal yg dimilki oleh Drma. Kebetulan Dani adalah orang yg cukup berada, Ia bersedia meminjamkan modal kpd Derma. Derma sgt senang, Iapun segera mncri peluang bisnis yg tepat untuk dijalankan.
Derma berpikir bahwa memulai usaha mandiri di bidang makanan tampaknya memiliki prospek yg bagus, karena menurutnya industri makanan adalah yg paling mampu bertahan dalam kondisi perekonomian yg labil sekalipun. Nah, dari situ Ia mulai mencari banyak informasi dan peluang bisnis yang tepat dibidang makanan & jg mencari informasi tentang manajemen berwirausaha dalam bidang makanan siap saji. Nah, akhirnya Derma menemukan ide, Untuk buka usaha penjualan bubur. Selain itu Ia mempertimabangkan Jika jualan bubur dapat dilakukan pada pagi hari dan malam hari saja. Sangat cocok disesuaikan dengan jadwal perkuliahannya selain itu tepat sekali dengan kebutuhan target konsumen yg ditetapkan oleh Derma adalah mahasiswa. Setelah meninjau dari berbagai aspek dan benar-benar yakin. Tanpa pikir panjang Dermapun langsung merealisasikan idenya tersebut dengan anggaran biaya yang Ia peroleh melalui pinjaman dari Dani. Ia menyewa ruko kecil di dekat kos-kosannya yg cukup ramai yg dianggapnya cukup strategis. Dgn perincian investasi awal sbb:
a. pengadaan bahan baku:
b. Persediaan gudang bahan baku:
c. Tenaga kerja:
d. B. Operasional:
e. Sewa gedung:
Ket: penjulan rata-rata 50 mangkuk/hari dengan harga 5000/mangkuk. Karena termasuk kelas bisnis kecil menengah, maka usaha tidak dikanakan pajak.
Ia sangt semangat sekali menjalani usaha penjualan bubur tersebut. Hasilnya dalam 3 bulan sudah culkup lumayan. Namun, Derma merasa kewalahan mengurus sekaligus memanajemen usahanya sendirian. Tetapi setelah menginjak bulan ke-5. pembeli mulai berkurang.
Derma menyampaikan masalah tersebut kepada Dani. Dani menyarankan agar usaha penjualan bubur tersebut jangan tanggung-tanggung sekalian saja buat usaha besar, Kepercayaan Dani kpd Derma sangat besar, hingga bersedia mencairkan dana kembali dari kantongnya untuk membantu usaha Derma.
Berdasarkan kasus di atas coba identipikasi, apakah yang perlu dilakukan oleh Derma agar usahanya tersebut banyak diminati oleh konsumen. Buatlah rencana strategi yang tepat terkait dengan usaha tersebut. Sesuai dengan berbagai topik yang telah kamu pelajari dalam mata ajar kewirausahaan, namun tetap memperhatikan aspek-aspek etika dalam berbisnis!
Sealin itu coba perhitungkan bagaimana prospek penjualan bubur tersebut bila dilihat dari hasil perhitungan Net Present Value (NPV), dan Pay Back Period (PBP).

JAWAB
Melihat semangat Derma yang cukup besar itu merupakan modal utama dalam melakukan usaha dalam bidang apapun. Namun, sebaiknya dibarengi dengan pengetahuan dan ethuisme. Agar adanya tembok pertahanan yang baik ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan pelanggan atau bahkan mengalami vailid. Dalam kasus di atas sudah cukup menggambarkan bahwa Derma termasuk memilki kriteria enterpreneurship. Namun dalam menjalankan bisnisnya tersebut, Ia harus memilki strategi yang tepat agar mampu mendatangkan keuntungan yang dalam jumlah besar. Karena pada dasarnya kegiatan usaha tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencari keuntungan berupa materi khususnya.
Keuntungan sangat ditetentukan oleh keloyalitasan dari para konsumen. Nah, berdasarkan kasus diatas, kita harus mampu membuat strategi yang tepat untuk memperoleh atau mempertahankan keloyalitasan dari konsumen? Bagaimanakah caranya?
Seperti kita ketahui bahwa, Apabila kita berkecimpung disektor bisnis, kita banyak dituntut lingkungan untuk terus berinisiatif, kreatif, dinamis, agresif dan selalu harus mampu mengantisipasi tuntutan lingkungan yang terus bertumbuh. ini semua justru mematangkan pola berpikir dan kehidupan kita untuk terus menempa jiwa wiraswasta kita. Sektor bisnis yang sangat kompetitif dan peka terhadap pengaruh lingkungan, mutlak membutuhkan manusia wiraswasta, yang memiliki dinamika, motivasi, kreativitas dan inisiatif nyata.

Kita harus paham tentang keinginan konsumen. Dimana Konsumen memiliki tuntutan yang semakin tinggi, dan menginginkan sesuatu yang baru, berbeda dan menarik. Kompetisi kian meruncing diberbagai lini bisnis dan hanya dengan memberikan ide-ide baru kita dapat mempertahankan dan menarik klien lebih banyak. Menurut saya Derma harus membuat strategi yg berkompeten. Meliputi kegiatan pokok yaitu Manajemen, Pemasaran,Keuangan/Akuntansi, Produksi/Operasi, Riset dan pengembangan usaha adalah:

Pertama tentukan target konsumen & pemilihan lokasi yg strategis, sesuaikan harga dengan target yang ingin diperoleh dan lakukan promosi. Inilah adalah langkah pertama yg perlu dilakukan.
Terkait dengan kasus diatas menurut saya, pemilihan lokasi sudah tepat, yaitu sesuai dengan target konsumen yang ingin diperoleh yaitu mahasiswa. Namun, mengapa pelanggan lama-kelamaan berkurang, hal ini terkait dengan keinginan konsumen yang selalu menginginkan sesuatu yang berbeda (unik) dan tidak membosankan. Derma bisa membuat trik dengan cara mendispersifikasikan bubur tersebut, misalnya dengan cara menawarkan produck yg sama yakni”bubur” tetapi dengan menu yang bervariasi, misalnya bubur dengan rasa buah-buahan, Rasa daging, dan rasa sayur-sayuran. Misalnya saja bubur ketan stawbery, bubur ketan nenas, durian, mangga, atau lainnya yang memilki peluang yang cukup besar di pasaran. Seperti yg disarankan oleh Dani, menurut saya hal tersebut tepat untuk dilakukan jgn membuat usaha ini tanggung-tanggung. Apabila usaha ini dikembangkan tampaknya dapat memperoleh sambutan yang baik dari para konumen (masyarakat luas bukan saja mahasiswa). Sebagai contoh ketika kita jalan-jlan di Mal. Sulit rasanya bahkan tidak ada sama sekali counter-counter yg menjual bubur dengan aneka rasa yang tentunya bergizi dan bernutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehtan. Selain itu jangn lupa membuat merek produck yang unik dan mudah diingat oleh orang. Menurut saya Derma bisa memberi nama ”BUBA-BUBA”. Kesimpulannya adalah jangan membuat sesuatu yang itu -itu saja. Ciptakan sesuatu yang baru yang mampu menembus pasar(peluang yang ada). Hal terebut diatas sekaligus usaha yg perlu dilakkan dalam pengembangan usaha.
Mengenai modal sudah cukup terbUka dengan penawaran yang ditawarkan oleh Dani kepda Damar. Nah selain itu sistem manajemen sebaiknay Derma tidak usah terjun langsung ke lapangan, cukup sebagai koordinatornya saja. Derma cukup memperkerjakan orang lain. Namun tetap dengan kendali dari Derma. Keuntungan menjadi berlipat ganda. Derma dapat kuliah dengan tenang. Tanpa harus melayani konsumen secara langsung. Segala urusan akan menjadi lebih mudah utnuk di manajemen.

Apabila benar ingin mengembangkan usahanya tersebut, sebaiknya lakukanlah langkah-langkah yg telah disebutkan. Dan jangn lupa untuk melakkan Pemasaran. Karena promosi merupakan ujung tombak keberhasilan penjualan produk atau jasa. Sebaik apapun produk atau jasa tanpa pemasaran yang baik maka akan sangat sukar untuk meningkat penjualan dan keuntungan usaha. Berikut adalah beberapa ide yang dapat digunakan oleh usaha kecil-menengah dalam menarik konsumen.

Kartu bisnis cukup murah untuk diproduksi dan kita dapat menggunakannya sebagai alat marketing yang efektif. Kita dapat menambahkan kupon dibelakangnya, sehingga jika mereka membawa kartu tersebut, mereka akan mendapatkan diskon. Kita juga dapat meletakkan iklan di even yang menarik banyak orang. Buatlah kartu tsb terlihat profesional dan didesain dengan baik, dengan teks yang mendorong orang untuk mengunjungi usaha anda ( dalam membuat iklan harus jujur, sesuai dgn kenyataa), Kemudian, sebarkan sebanyak mungkin. Letakkan di tempat yang strategis.
Di lain pihak tanpa pelayanan yang baik kepada pelanggan maka akan sangat sukar suatu usaha untuk memperoleh pelanggan yang loyal yang merupakan kunci perkembangan usaha. Dengan pelanggan yang loyal maka pekerjaan pemasaran akan lebih mudah karena pelayanan yang baik akan menciptakan product brand yang baik kepada calon pelanggan baru. Maka pastikan karyawan yg dipekerjakan oleh Derma sebaiknya, memilki kemampuan memberikan pelayanan yg sebaik mungkin. Misalnya segera melayani ketika konsumen datang, memberikan senyum, ciptakan image toko yg nyaman (bersih, rapi, dapat diberikan alaunan musik yg slowly atau lainnya), kemudian bisa juga apabila bubur yg dibeli tumpah, tanpa mempertanyakan maka segera diganti tanpa membayar, ini bisa menjadi nilai plus bagi konsumen. Oleh karena itu ciptakan suasan toko yg seunik mngkin & brkan pelayanan terbaik. Sebaiknya sediakan juga layanan pemesanan lewat telp- dan antar.

Terakhir, anda dapat melakukan promosi silang dengan bisnis lainnya. Ini merupakan salah satu metode iklan yang paling powerful. Jika anda dapat menemukan bisnis lokal lainnya yang baik dengan anda, anda dapat menawarkan mempromosikan mereka jika mereka mempromosikan anda. Ini adalah beberapa cara mengiklankan bisnis anda.Contohnya dgn bekerja sama dengan PT.Sosro, saya ras ini merupakan pilihan yg tepat. Karena banyak masyarakat yg menyukai produk PT.Sosro, mialnya teh Botol. Namun, anda jg harus ttp kreatif. Bisnis yang paling berhasil adalah yang tahu bagaimana mengisi pasar dengan cara baru dan kreativitas.

Alhasil, setelah dilakukan tekhnik-tekhnik diatas, saya memilki keyakianan apabila dijalnkan dengan sungguh2 dn teliti serta kreatif, Maka Insya Allah akan membawa keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar