Kamis, 07 Oktober 2010

STRATEGI PELAKSANAAN HARGA DIRI RENDAH

STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
SP-1 Pasien : Harga Diri Rendah
Pertemuan Ke-1

PROSES KEPERAWATAN
Kondisi Klien
Nn. Sisi (19 tahun) gelisah, sering melamun, terkadang juga menangis. Mengatakan bahwa dirinya sudah tidak berguna lagi karena tidak mampu mewujudkan impian orang tuanya untuk menjadi dokter. Sisi adalah salah satu mahasiswi kedokteran tetapi Ia sebenarnya tidak menyukai jurusannya tersebut, Ia bersedia kuliah di jurusan kedokteran karena keinginan orang tuanya dan sebagai anak Ia juga berusaha membagiakan kedua orang tuanya dengan menuruti perintah orang tuanya tersebut. Tetapi di saat sudah kuliah Ia justru uring-uringan karena merasa memang itu bukan bidang yang disuakainya. Alhasil nilai-nilainya jeblok dan Ia banyak dijauhi oleh teman-temannya.

Diagnosa Keperawatan : Harga Diri Rendah
Tujuan:
1. Pasien dapat mengidentifikasi aspek positifnya
2. Pasien dapat menilai kemampuan yang masih dapat digunakan
3. Pasien dapat melakukan kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
4. Pasien dapat mengetahui cara untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.
Tindakan Kperawatan
1. Dorong individu untuk mengekspresikan perasaannya, khususnya mengenai pikiran, perasaan, dan pandangan dirinya:dulu dan saat ini, serta harapan yang ingin diwujudkan terhadap dirinya sendiri
2. Diskusikan aspek positif diri
3. Bantu pasien untuk menilai kemampuan yang masih dapat digunakan
4. Bantu pasien untuk memilih kegiatan yang akan dilatih sesuai dengan kemampuan klien
5. Melatih klien sesuai dengan kemampuan yang dipilih
6. Menganjurkan klien memasukkan kegiatan kedalam jadwal harian

PELAKSANAAN TINDAKAN
ORIENTASI
Selamat pagi ? Perkenalkan nama saya Susi Purwati, Saya senangnya dipanggil suster Susi. Saya adalah Mahsiswa FIK UI yang sedang praktek disini.Nama mbak siapa ya? Senangnya dipanggil apa. Oh, jadi anda senangnya dipanggil Sisi saja. Saya lihat dari tadi Sisi melamun, ada yang sedang dipikirkan. Bagimana kalau kita ngobrol-ngobrol dulu Sisi? Mau berapa lama kira-kira kita ngobrolnya? Oke, Jadi Sisi maunya kita ngobrol-bgobrolnya 30 menit. Baiklah mau dimana kita ngbrolnya Sisi? Oh, jadi kita ngobrolnya diruang ini saja.

KERJA
Bagaimana perasaan Sisi saat ini? Oh jadi Sisi merasa hidup Sisis sudah tidak berguna lagi dan pengen mengakhiri hidup Sisi. Mengapa Sisi berkata demikian? Biasanya kalau dirumah Sisis ngapain saja? Sisi punya hobi apa saja? Oh, jadi Sisi senangnya masak, menggambar desain dan membuat cerita komik. Menurut Sisi dari hobi yang sudah Sisi sebitkan tadi mana saja yang mungkin dan dapat kita lakuakan sekarang? Bagaimana jika menggambar desain? Jadi, Sisi bersedia mau menggambar desain, kira-kira mau menggambar apa ya? Oh, Jadi Sisi mau menggambar model-model baju terbaru. Sebentar saya sediakan peralatannya ya Sisi. Kira-kira Sisi menggambarnya mau ditemenin suster atau tidak. Wah bagus sekali gambarnya Sisi. Kira-kira Sisis mau menggambarnya berapa banyak ni, bagus lo gambarnya. Oh, Jadi Sisi mau 5 kali sehari menggambarnya. Bagaimana kalau kegiatan menggambarnya suster buatain jadwal buat Sisi?. Apakah Sisi mau? Oke, Jadi Sisi bersedia ya Suter Susi buatin jadwalnya.

TERMINASI
Bagaimana perasaan Sisi setelah kita bercakap-cakap? Wah! Ternyata Sisi punya bayak kelebihan ya salah satunya tadi mengambar dan hasil gambarnya bagus lo. Suster seneng itu dengan gambar buatan Sisi. Baik besok kita akan bertemu kembali untuk ngobrol-ngobrol kembali mengenai kemampuan Sisi yang lain yitu membuat cerita komik. Kira-kira besok Sisi maunya kita ketemu jam berapa ? Baik! Jadi Sisi maunya kita ketemu jam 10.00 WIB dan tempatnya diruang ini saja. Baik Sisi sampai jumpa besok. Selamat pagi menjelang siang.

SP Ke-2
Tujuan:
1. Pasien dapat melakukan dan memenuhi kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.
2. Pasien dapat berinteraksi dengan orang lain tanpa diganggu.
Tindakan Kperawatan
1. Mengevaluasi kegiatan yang sudah dilakuakan
2. Melatih kemampuan ke-2 yang telah disebutkan oleh klien
3. Menganjurkan klien memasukkan kegiatan tersebut jadwal kegiatan harian.

PELAKSAAN TINDKAAN
ORIENTASI
Pagi Sisi? Bagaimana perasaan Sisi hari ini? Apakah sudah dicoba kegiatan yang kemarin sudah dimasukkan kedalam jadwal harian Sisi? Wah, bagus sekali. Sudah berapa banyak gambar yang Sisi buat. Bolehkan suster melihatnya.Wah, hebat bagus sekali gambarnya. Oya Sisi masih ingat ngaak kita mau ngapain hari ini? Iya, benar sekali jadi, kemarin Sisi menyubutkan selain Sisis suka menggambar desain Sisis juga suka membuat cerita komik. Jadi, hari ini kita akan latihan untuk membuat cerita komik. Apakah Sisi bersedia? Kira-kira mau berapa lama dengan suster? Oh, jadi Sisis maunya 30 menit. Baiklah ruangnya disini saja. Baiklah

KERJA
Bagaiamana perasaan Sisis setelah menggambar begitu banyak gambar dan gambar-gambar desainnya bgasu-bagus sekali? Apa yang Sisis rasakan. Oh, Sisis jadi merasa Sisi masih berguna, buktinya Sisis masih bisa membuat gambar-gambar desain yang bagus sekali. Bagaiman dengan hobi Sisis yang lain? Sisis masih ingat? Ya, bagus sekali Sisis masih ingat. Jadi Sisi punya hobi lain yaitu: membuat cerita komik. Bagaiman kalau Sisi selain membuat gambar desain juga membuat cerita komik. Apakah Sisi bersedia? Baiklah, suster Susi sediakan ya alat tulis dan bukunya. Sisi pengen ditemeni suster Susi atau tidak membuat komiknya. Kira-kira ceritanya seri atau drama. Oh, jadi Sisi mau langsung membuat sekarang dan tidak ingin ditemani. Baiklah suster tinggal dulu kira-kira 30 menit Suster Susi balik lagi kesini bagaiman Sisi? Baik Sisi bagaiman cderita komiknya sudah dapat berapa halaman. Boleh suster Susi lihat dan baca. Oke suster baca ya. Wah ceritanya bagus sekali Sisi dan gambarnya sesuai dengan karakter ceritanya. Sisis habat ya. Suster Susi saja tidak bisa membuat komik. Bagaimana kalau Sisis buat lagi cerita-cerita yang lainnya. Nanti hasil komiknya kita jadiin satu dan dibuat komik mini seri kan keren. Bagaimana Sisi? Nah, kira-kira Sisis mau buat berapa banyak nih dalam satu hari. Oh jadi Sisis mau membuat dua cerita komik mini serialam satu hari. Bagaiman jika kegitan ini suster Susi masukin dalam jadwal kegiatan harian Sisi. Apakah Sisis bersedia?

TERMINASI
Bagaimana perasaanya setelah kita bercakap-cakap dan latihan tadi? Jadi berapa cara yang bisa Sisi lakukan pada saat-saat merasa jenuh dan tidak berarti? Bagus sekali Sisi bisa menyebutkannya kembali. Baik besok suster Susi akan bertemu dan ngobrol-ngobrol dengan orang tua Sisi, biasanya orang tua Sisi berkunjung jam berapa? Oh, jadi orang tua Sisi biasanya berkunjung jam satu siang. Baiklah besok suster Susi akan berkunjung kesini dan ngobrol-ngobrol dengan orang tua Sisi di ruang depan kira-kira jam dua siang, bagaimana Sisi bolehkah suster Susi ngobrol dengan mereka? Baiklah samapai jumpa besok ya Sisi. Selamat pagi menjelang siang.


STRATEGI PELAKSAAN TINDAKAN KEPERAWATAN KELUARGA
SP1 Keluarga Dx: Gangguan Citra Tubuh
Tujuan Khusus:
1. Keluarga dapat mengenal tanda dan gejala dari harga diri rendah
2. keluarga mengetahui cara mengatasi masalah klien dengan harga diri rendah
Tindakan Keperawatan
1. Diskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien dirumah
2. Jelaskan tanda dan gejala harga diri rendah kepada keluarga yang dialami klien beserta proses terjadinya
3. menjelaskan kepada keluarga merawat klien dengan harga diri rendah
a. Latih keluarga mempraktekkan cara merawat klien harga diri rendah
b. Menyediakan fasilitas utnuk memenuhi kebutuhan pasien di rumah.
c. Memfasilitasi interaksi di rumah
d. Memberikan pujian atas kegiatan yang telah dilakukan pasien
4. Membantu keluarga membuat jadwal aktivitas dirumah.

Proses Pelaksanaan Tindakan
ORIENTASI
Selamat pagi Bapak Ibu. Perkenalkan nama saya Suster Susi Purwati, bisa dipanggil suster Susi. Saaya adalah mahasiswa Ilmu Keperawatan UI yanbg sedang praktek di RS ini dan sedang merawat anak Bapak dan Ibu yang bernama Sisi. Bapak namanya siapa? Bapak senganya dipanggil apa Pak? Dan Ibu namanya siapa? Senangnya dipanggil apa Bu? Bagaimana perasaan Bapak dan Ibu saat ini berhubungan dengan kondisi kesehatan Sisi saat ini? Baiklah Pak Bu, bagaimana kalau kita bercakap-cakap mengenai kondisi kesehatan Sisi selama 30 menit? Kita mau bercakap-cakap dimana? Oh, baiklah kita mengorol diruang tamu saja ya.

KERJA
Apa yang Bapak dan Ibu rasakan denagn kondisi kesehatan Sisi saat ini? Bagaimana setelah melihat kondisi Sisi saat ini? Kesulitan seperti apa yang Bapak dan Ibu rasakan dalam merawat Sisi? Bapak dan Ibu tahu apa yang menyebabkan Sisi keadaannya menjadi seperti sekarang ini? Ya, jadi anak Bapak dan Ibu keadaanya menjadi seperti sekarang ini karena Ia merasa gagal menjadi anak yang baik karena Ia merasa tidak mampu mewujudkan impian orang tuanya. Oleh karena itu Sisi sering melamun dan terkadang tiba-tiba menangis krena Ia kecewa dengan dirinya sendiri dan jadi merasa rendah diri serta menganggap dirinya tidak tidak berguna, sehingga Sisi memilki keinginan untuk mengakhiri hidupnya. Tentunya Ibu dan Bapak sangat menyayangi Sisi bukan dan tidak menginginkan hal tersebut terjadi? Nah, menurut Bapak dan Ibu bagaiman cara yang tepat dalam merawat Sisi? Oh, jadi Bapak dan Ibu ingin memngikuti kemauannya dulu untuk kuliah dijurusan Tehnik desain. Oke, selain itu apa lagi yang dapat dilakukan Bapak dan Ibu jika nanti Sisi menjalani perawatan dirumah. Iya, benar sekali Pak Bu. Kita harus mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat Sisi lakukan tapi tetap tidak dengan paksaan. Jadi, kemarin Sisi mengatakan Ia sangat senag menggambar desain dan membuat cerita komik serta memasak, Jadi, nanti sebaiknya jika Ia dirumah sediakan peralatan yang diperlukan untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut ya Pak Bu. Dan untuk meningkatkan semangatnya jangn lupa beri Ia pujian setelah melakukan kegitan tersebut atau Bapak dan Ibu sesekali dapat menemaninya. Bagaiman Bapak Ibu?. Ya, benar baik sekali Ibu Bapak. Oya Pak Bu saya sudah membuatkan Sisi jadwal harian. Nanti diperhatiakn juga ya bu jadwal harian tersebut agar dapat dilaksanakan oleh Sisi tapi tidak dengan paksaan cukup ingatkan saja jika Sisi terlupa.

TERMINASI
Bagiman perasaaan Bapak dan Ibu setelah kita bercakap-cakap mengenani kondisi kesehatan Sisi dan apa saja yang perlu dilakukan oleh keluarga untuk mendukung proses penyembuhan Sisi? Apakah Bapak dan Ibu bisa menyebutkan kembalai apa saja yang perlu dan dapat dilakukan untuk mendukung kesembuhan Sisi? Ya, bagus sekali Ibu dan Bapak dapat menyebutkannnya kembali. Ada lagi Pak yang ingin ditambahkan. Ya, benar sekali Pak jangan pernah memaksakan kegiatan-kegiatan tersebut, tetapi mengingatkan itu penting. Baiklah Pak Bu nanti dua hari kedepan saya akan datang kembali kesini untuk mebicarakan rencana kepulangan Sisi tempatn ya disini saja kira-kira pukul 10 pagi. Bagaiman Pak Bu. Baiklah Pak Bu Selamat Ssiang dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar