Minggu, 10 Oktober 2010

STRATEGI BERSAING DALAM BERWIRAUSAHA

I. PENDAHULUAN
Dalam berwirausaha seorang wirausahawan dituntut agar mampu membuat dan memilki strategi yang best, karena strategi yang digunakan tersebut akan memberikan kontribusi dan pengaruh yang cukup besar terhadap kelangsungan hidup usaha. Mengingat dalam dunia usaha seorang wirausahawan akan menemui berbagai varabel-variabel eksternal yang mempengaruhinya seperti : kebijakan keputusan bahan baku yang digunakan, Sumber daya pengelolah, kebijakan manajemen usaha, termasuk timbulnya pesaing atau pencipta produk baru yang menyerupai barang yang kita produksi. Pada saat kondisi seperti itulah sangat diperlukan strategi yang tepat dalam mengambil keputusan maupun langkah-langkah tertentu untuk mempertahankan usahanya tersebut. Strategi bersaing juga diperlukan terkait dengan teknik atau cara-cara yang akan dilakukan untuk pengembangan usaha.

II. PEMBAHASAN
Kebutuhan peran strategi dalam dunia kewirausahaan timbul karena adanya faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi usaha atau bisnis itu sendiri. Strategi dapat dibuat secara tertulis atau secara konstan, karena terkadang seseorang yang memang pada dasarnya sudah memilki jiwa kewirausahan, biasanya ia sudah memiliki dan mampu memperkirakan strategi apa yang akan dilakukan terhadap kemungkinan berbagai kondisi yang akan timbul pada saat pendirian maupun saat bisnis itu sudah berjalan. Nah, apa sih sebenarnya arti dari strategi itu sendiri, berikut pengertiannya menurut beberapa sumber dan para ahli:
Oxpord Pocked Dictionary
Merupakan seni perang, khususnya perencanaan gerakan pasukan, kapal dan sebagainya menuju posisi yang layak, rencana tindakan atau kebajikan dalam bisnis atau politik dan sebainya.
Alfred Chandler (1962) Strategy and structure
Merupakan penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan itu.
Robert D Buzzell & Bradley T Gale (1987)
Strategi adalah kebijakan dan keputusan kunci yang digunakan oleh manajemen yang mempunyai dampak yang besar pada kinerja keuangan. Kebijakan dan keputusan ini biasanya melibatkan komitmen sumber daya yang penting dan tidak dapat diganti dengan mudah.
Kenneth Andrew (1971) The Concept of Corporate Strategy
Strategy adalah pola sasaran, maksud atau tujuan dan kebijakan serta rencana-rencana penting untuk mencapai tujuan itu, yang dinyatakan dengan cara seperti menetapkan bisnis yang di anut atau yang akan di anut oleh perusahaan, dan jenis atau akan menjadi apa perusahaan ini.
Kenichi Ohmae (1983) The mind of the Strategist
Sesungguhnya tentang apakah strategy bisnis itu….. adalah, dalam satu kata adalah keunggulan bersaing…. Satu-satunya maksud perencanaan strategy adalah untuk memungkinkan suatu perusahaan memperoleh, seefisient mungkin, kedudukan paling akhir yang dapat di pertahankan dalam menghadapi pesaing-pesaingnya. Jadi strategi perusahaan merupakan upaya mengubah kekuatan perusahaan yang sebanding dengan kekuatan pesaing-pesaingnya dengan cara yang paling eficient.

Mengungkapkan mengenai pokok bimbingan dalam pengembangan usaha, untuk menetapkan strategi bukanlah hal yang mudah. Dari beberapa definisi diatas yang menjadi pusat sebagian besar pengertian tentang strategi adalah pendapat tentang keputusan-keputusan yang memilki karakteristik: penting, tidak mudah diganti, melibatkan komitmen atas sumber daya dalam jangka waktu tertentu. Dalam arti strategi memberikan tempat dan cara bisnis akan bersaing. Oleh karena itu peran strategi yang penting adalah memberi arah, yang dapat dirumuskan sebagai memadukan tema pokok yang memberi koherensi serta arah dan tindakan keputusan suatu organisasi.

Terdapat beberapa tema penting yang tidak berubah sepanjang waktu, yang membantu untuk menentukan strategi seperti apa yang harus diambil oleh seorang wirausahawan dalam menjalanlan kegiatan bisnisnya, antara lain:
Penekanan pada pemenuhan kebutuhan dasar konsumen untuk pakaian dan makanan.
Penekanan pada mutu yang tinggi dan nilai uang.
Keinginan untuk mengadakan pengawasan ketat pada semua aspek produksi dan penyediaan barang.
Penerapan strategi melalui sistem manajemen yang menekankan penghargaaan dan kepercayaan individu, serta kesejahteraan pegawai.
Pandangan tentang strategi juga menunjukkan bahwa straategi merupakan suatu bentuk disiplin mengenai manajemen. yang kebanyakan berputar disekeliling masalah-masalah yang mendadak, penanggulangan jangka pendek dalam bentuk penangananan kekacauan yang tidak terduga dalam perjalanan bisnis yang lancar.

Melalui formulasi dan penerapan strategi yang efektif kinerja bisnis dapat ditingkatkan. Namun karena banyaknya berbagai macam bisnis yang berkembang , sehingga penentuan strategi sulit secara rinci untuk diuraikan, mengingat rencana tindakan yang senantiasa berubah. Namun, pada umumnya ada empat unsur utama strategi yang dapat diidentifikasi, antara lain:
o Sasaran
o Pemahaman lingkungan
o Penelitian sumber daya dan kemampuan
o Penerapan yang efektif

Hal terpenting adalah apabila sebuah bisnis yang sedang berjalan itu memilki sumber daya dan kemampuan yang unggul dibanding pesaing-pesaingnya, maka sepanjang bisnis itu menggunakan strategi yang mampu memanfaatkan sumber daya dan kemampuan secara efektif, maka bisnis itui akan mempunyai keunggulan bersaing. Kemungkinan memepertahankan keunggulan bersaing itu tergantung pada : tahan lama (durability), dapat ditiru (replicability) dan kelayakan (appropriability). Keinginan dari fihak konsumen menentukan kebijakan strategi yang akan diambil, dimana pokok-pokok utama dari strategi ini adalah:
Komitmen akan harga yang rendah dan dengan kualitas yang tinggi.
bertujuan untuk menawarkan suatu kombinasi antara harga dan mutu yang mencerminkan bahwa nilai uang merupakan kriteria yang dominan bagi keputusan konsumen.
Peningkatan efisiensi biaya.
Harga yang rendah dan nilai uang menyebabkan peningkatan efisiensi biaya pada semua bidang operasi bisnis. Pada saat seperti ini wirausahawan dituntut mampu melakukan perputaran penjualan yang tinggi dengan biaya operasionaL yang seminimal mungkin. Cara terbaik yang perlu dilakukan adalah : penyederhanaan operasi, memilki falsafah manajemen organisasai yang mampu membentuk net-working, menyususn rencana tindakan untuk penghematan biaya dan mengintegrasikan produksi dan distribusi dengan penjualan.
Peningkatan mutu produk dan pelayanan kepada konsumen.
Contohnya adalah adanya peraturan bagi para pegawai bisnis penjualan pakain untuk tidak menanyakan sebabn pengembalaina barang dari konsumen.
Adanya keinginan untuk menggabungkan harga yang rendah dengan standar mutu yang ketat.
Adanya pemusatan penerapan strategi.
merupakan kebijakan personal, dimana bisnis tersebut mampu bertanggung jawab atas kesejahteraan para pegawainya misalnya ditujukan dengan program-program pensiun dan perawatan kesehatan. Dengan langkah seprti ini akan membantu menarik simpati konsumen.

II. KESIMPULAN
Starategi dalam bisnis memainkan peran yang sama dengan stategi dalam permainan catur. Jika para pemain catur mampu membangun pohon keputusan yang lengkap pada permainan catur, maka mereka kan mampu mengoptimalisasikan setiap langkah mereka (wirausahawan) terhadap langkah yang akan dilakukan oleh lawan main pada setiap tahap permainan. Begitu pula dengan strategi dalam berbisnis akan sangat menetukan parkembangan dan kelangsungan hidup bisnis tersebut.


DAFTAR PUSTAKA:
Umar, Husein.(2003).BUSINESS AN INTRODUCTION. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Grant, M. Robert.dkk. (1996). Strategic Manajement. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Riyanto, Rudi. “Business is Easy Sources.”.”StyleSheet
http://rriyanto.blogspot.com/2007/11/manajemen-diri-5th-way-to-be-rich.html
(13 Sep. 2008)

1 komentar:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............



    agen tiket murah

    BalasHapus