Minggu, 10 Oktober 2010

Studi Kelayakan Bisnis

1.Manfaat Studi Kelayakan Bisnis
Pada pendahuluan sudah dibahas sedikit mengenai manfaat studi kelayakan bisnis. Didalam melakukan telaah mengenai studi kelayakan bisnis tentunya kita akan membuat laporan mengenai hasil penelitian dan observasi dari hal yang kita tinjau. Selanjutnya kita dapat membuat perencanaan-perencanaan yang lebih konkret antara lain:
Segera malakukan penghimpunan dana dan memperkirakan berapa yang akan dialokasikan. Sehingga pengeluaran dana dapat dilakukan secara efisien.
Memperhatikan kebijakan pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi akan kelancaran bisnis misalnya pajak yang harus kita tanggung.
Menelaah tentang investasi tenaga kerja, pengaruh sosial dan analisis kemanfaatan serta beban sosial yang akan ditimbulkan. Sehingga dampak-dampak yang tidak diinginkan dapat di minimalisir.


2. Aspek-Aspek Studi Kelayakan Bisnis
Aspek-aspek studi kelayakan bisnis memiliki peranan besar dalam hal berhasil atau tidaknya suatu bisnis untuk dijalankan. Aspek-aspek bisnis tersebut meliputi antara lain:
Aspek Tehnikal
Mempelajari tentang kebutuhan-kebutuhaan fisik yang akan di perlukan dalam pewujudan rencana bisnis. Misalnya lokasi bisnis, peralatan dan kapasitas produksi.
Aspek pasar dan pemasaran
Pemasaran suatu barang sangat penting untuk dilaksanakan. Karena tidak ada suatu proyek bisnis yang akan berhasil tanpa adanya permintaan barang atau jasa dari para produasen. Analisis pasar sangat penting sekali dilakukan, untuk mengetahui berapa besar luas pasar dan peminatan.
Aspek Yuridis
Perlu ditinjau karena sangat berguna bagi kelangsungan hidup proyek bisnis. Karena biasanya dalam bisnis sering terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap kewajiban masing pihak sehingga penegakan aturan menjadi penting untuk dilaksanakan.
Aspek Manajeman
Proses telaah manajeman meliputi antara lain: menyusun rencana kerja, siapa saja yang akan terlibat, bagaimana mengkoordinasikan proyek bisnis, dan menentukan struktur organisasi serta pengadaan tenaga kerja yang dibutuhkan.
Aspek Lingkungan
Lingkungan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap kelangsungan hidup suatu bisnis. Karena itu penting sekali untuk melakukan telaah mengenai komponen-komponen yang ada didalam lingkungan meliputi sistem nilai yang ada dalam masyarakat, iklim politik dan pemerintahan serta lingkungan alam dan lingkungan hidup.
Aspek Finansial
Suatu proyek bisnis dikatakan sehat apabila dapat mendatangkan keuntungan yang layak dan mampu memenuhi kewajiban finansialnya. Kegiatannya meliputi antara lain: menentukan dana yang harus disiapkan baik modal sendiri maupun pinjaman dan menghitung perkiraan modal dana awal dan pengadaan biaya tetap.


3.Proses & Tahapan Studi Kelayakan Bisnis
Proses bisnis adalah kumpulan pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Analisis bisnis melibatkan aktivitas dan kegiatan-kegiatan didalamnya, kegiatan tersebut harus bersifat: Definitif, Urutan, Pelanggan, Nilai tambah, Ketrkaitan dan fungsi silang. Yang selanjutnya akan diaplikasikan dalam studi kelayakan bisnis. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam proses dan studi kelayakan bisnis antara lain:
Penentuan Ide Proyek
Diharapakan seseorang memilki ide proyek yang bagus dan memilki prospek yang memilki kriteria bahwa jika ide tersebut direalisasikan akan mampu memenuhi kebutuhan pasar yang memadai.
Tahap Penelitian
Setelah ide proyek muncul selanjutnya lakukan penelitian yang lebih mendalam. Mulailah mengumpulkan data-data yang relevan kemudian analisis dan simpulkan apakah rencana bisnis tersebut layak untuk dijalankan.
Tahap Evaluasi Proyek Bisnis
Hal yang dibandingkan adalah seluruh ongkos yang ditimbulkan oleh usulan usulan rencana usaha serta manfaaat atau keuntuingan yang akan diperoleh.
Tahap Rencana Pelaksanaan Proyek Bisnis
Setelah yakin bahwa rencana usaha dapat berjalan maka mulailah menentukan jenis pekerjaan, waktu yang dibutuhkan jumlah dan kualitas tenaga pelaksana, ketersediaan dana dan kesiapan manajemen.
Tahap Pelaksanaan Proyek Bisnis
Setelah persiapan rencana usaha selesai, selanjutnya pelaksanaan bisnis atau usaha pun dimulai. Walaupun pada kenyataanya rencana yang dibuat tidak sama persis dengan pelaksanaanya.


III. KESIMPULAN

Studi kelayakan bisnis sangat berpengaruh terhadap pendirian suatu usaha atau bisnis. Terkait dengan berhasil atau tidaknya suatu bisnis untuk dijalankan. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk melakukan studi kelayakan bisnis sebelum benar-benar yakin tentang ide atau rencana usaha yang kita miliki untuk direalisasikan, agar tidak terjadi penyesalan akibat ketidakberhasilan atas bisnis atau usaha yang telah dijalankan. Namun satu yang pasti ketekunan dan kesabaran tentang semua apapun yang kita kerjakan adalah harga yang memang perlu dipertaruhkan untuk mendapatkan kesuksesan dimasa depan.


Sumber:
Umar, Husein.(2003).BUSINESS AN INTRODUCTION. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Lupiyoadi, Rambat.(2004). Enterpreneurship From Mindset To Strategy. Jakarta: FE UI.
Riyanto, Rudi. “Business is Easy Sources.”.”StyleSheet
http://rriyanto.blogspot.com/2007/11/manajemen-diri-5th-way-to-be-rich.html
(13 Sep. 2008)










PROSES DAN TAHAPAN STUDY KELAYAKAN BISNIS
OLEH
SUSI PURWATI (0806323246)


1.PENDAHULUAN

Studi kelayakan bisnis adalah suatu upaya berupa penelitian dan pengkajian biasanya melibatKan observasi langsung tentang layak atau tidaknya rencana suatu bisnis atau proyek untuk dijalankan. Nah, Mengapa harus dilakukan studi kelayakan terlebih dahulu sebelum menjalankan suatu rencana bisnis atau proyek tertentu? Jawabannya adalah karena melalui studi kelayakan bisnis ini kita diharapkan dapat memperkirakan dan menganalisis apakah rencana bisnis atau proyek tersebut dapat dijalankan serta dapat menghasilkan keuntungan yang memadai bila dioperasionalkan. Selain itu kita dapat mentelaah dan mengkaji bagaimana prospek bisnis yang akan kita jalankan apakah akan mampu bersaing dimasyarakat dan dunia bisnis khususnya. Oleh karena itu sangat diperlukan sekali dilakukan peninjauan dari berbagai aspek yang relevan. Sehingga tujuan pendirian rencana usaha atau bisnis dapat tercapai secara efektif dan efisien, Yang diharapkan rencana bisnis tersebut akan dapat berkembang dengan baik.


II.URAIAN

Sebelum melaksanakan suatu bisnis kita perlu melakukan studi kelayakan bisnis, Nah didalam studi kelayakan bisnis tersebut ada beberapa hal yang akan kita lakukan yakni melakukan tinjauan terhadap aspek-aspek yang terkait dengan rencana bisnis yang akan kita jalankan, setelah itu baru kita lakukan tahapan-tahapan studi kelayakan bisnis. Berikut penjelasan urut mengenai studi kelayakan bisnis yang harus dilakukan dalam peninjauan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar